Selamat Datang di Portal Pendidikan

Teknologi Informasi

Yayasan Pondok Pesantren MA Darut Taqwa

47

Kelas 11 Semester 1

1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan

akses Internet

1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet

1.3 Mempraktikkan akses Internet

1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan

mencetak informasi

1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

~ Siswa dapat memahami sistem jaringan dan fungsinya untuk keperluan

informasi dan komunikasi

~ Siswa dapat menggunakan fasilitas internet untuk keperluan informasi

SISTEM JARINGAN

DAN INTERNET

KOMPETENSI

Dunia komputer kaya akan informasi dan sering dibutuhkan pemindahan

informasi dari satu tempat ke tempat lain, sehingga dikenal sistem komunikasi

data. Data akan ditransmisikan dari satu tempat ke tempat lain yang

membutuhkan. Dalam sistem transmisi data terdapat 2 kategori yaitu Off-line dan

On-line.

Sistem Transmisi Off-line, merupakan transmisi data tidak langsung ke

komputer melainkan ditulis dulu malalui peralatan penyimpanan. Hal ini

disebabkan tidak adanya komputer yang dihubungkan langsung pada lokasi

dimana data dikirimkan. Contohnya : transmisi dengan cara penyimpanan data

melalui disket, CD, flashdisk, dll.

Sistem Transmisi On-line, merupakan transmisi data yang mengarah langsung

ke komputer dengan diatur oleh komputer. Hal ini disebabkan oleh adanya

komputer yang dihubungkan langsung pada lokasi dimana data dikirimkan.

Contohnya : komunikasi data melalui jaringan (LAN dan Internet)

Kecepatan pengiriman data ditentukan oleh beberapa faktor, terutama faktor

media pengirimannya seperti kabel, udara, serat optik, dll.

Seiring dengan berkembangnya dunia informasi dan komunikasi, pemakaian

komputer perorangan banyak mempunyai kelemahan, terutama pada

penggabungan informasi. Karena itu, dikembangkan sebuah sistem jaringan

komputer yang memungkinkan terciptanya interkoneksi komputer.

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya

yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabelkabel

atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer

dapat saling bertukar data dan informasi, mencetak pada printer yang sama, dan

bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan

jaringan.

Suatu sistem jaringan komputer agar dapat berfungsi minimal dibutuhkan 3 (tiga)

komponen dasar, yaitu :

Node merupakan sistem komputer utama jaringan, berupa komputer yang

dapat diakses oleh pemakai. Agar komputer dapat terhubung dalam jaringan,

maka pada CPU harus terpasang peralatan tambahan berupa Network

Interface Card (NIC) atau LAN Card, dan secaraumumdisebut Ethernet.

Link merupakan media penghubung antar komputer yang satu dengan yang

lain. Media saluran yang biasanya dipakai pada jaringan dalam skala kecil

adalah kabel LAN.

Program komputer merupakan komponen paling penting pada jaringan yang

berfungsi mengelola antar node sehingga dapat saling berhubungan.

Hubungan dalam jaringan komputer dapat diterapkan pada 2 (dua) buah

komputer atau lebih. komputer disesuaikan dengan

dan yang digunakan.

adalah struktur jaringan untuk mengidentifikasi cara

bagaimana node di dalam jaringan saling berhubungan.

1. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

1) Host atau Node (simpul)

2) Link (Saluran)

3) Software (Perangkat Lunak / Program)

Bentuk struktur jaringan

jumlah komputer jenis topologi

Topologi jaringan

SISTEM JARINGAN DAN INTERNET

4

49

Terdapat beberapa jenis topologi jaringan yang digunakan dalam

menghubungkan antar komputer, tetapi yang umumnya dipakai antara lain :

Jaringan dengan topologi point to point biasanya dipakai untuk

menghubungkan 2 komputer (Gambar 51).

Gambar 51. Jaringan dengan Topologi Point to Point

Contoh penggunaan topologi point to point adalah di dalam rumah yang

mempunyai 2 komputer, atau antar komputer yang berdekatan.

Topologi Star merupakan jaringan yang menghubungkan tiap komputer pada

sistem jaringan dengan menggunakan alat penghubung terpusat atau

(Gambar 52).

Gambar 52. Jaringan dengan Topologi Star

Jaringan dengan topologi star biasanya dipakai untuk menghubungkan 3

komputer atau lebih yang biasanya digunakan di perkantoran ataupun

laboratorium komputer sekolah.

Beberapa jenis jaringan komputer antara lain :

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah

gedung, sekolah atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan

workstation untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan

saling bertukar informasi.

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang

luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari

kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program

(aplikasi) pemakai. Misalnya jaringan Perbankan.

v

v

Topologi Point to Point

Topologi Star

Switch

Hub

2. JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

A. Local Area Network (LAN)

B. Wide Area Network (WAN)

Komputer Komputer

node node

kabel

Komputer Komputer

node node

Komputer Komputer

node node

kabel

Komputer Komputer

node node

kabel

Switch Hub

50

C. Jaringan Tanpa Kabel

D. Internet

3. MEDIA TRANSMISI DATA

- Kabel

- Serat Optik

- Microwave

- Satelit

4. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

- Penggunaan sumberdaya komputer secara bersama-sama

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak

bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang

ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang

berada di atas mobil atau pesawat terbang. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah

marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan

kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang

menggunakan kabel. Misalnya HP.

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia yang menggunakan perangkat

keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke

jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang

terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan

antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Untuk

melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna

melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik

perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang

terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke

penerima data. Beberapa media yang dapat digunakan sebagai channel (jalur

transmisi) antara lain :

Kabel digunakan bila sumber data dan penerima tidak terlalu jauh jaraknya dan

dalam area tidak terlalu luas. Contoh : jaringan komputer di rumah, kantor,

sekolah, dll.

Serat optik terbuat dari serabut-serabut kaca sebesar diameter rambut dan

mempunyai kecepatan pengiriman data hingga 10 kali lebih besar dari kabel.

Microwave merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari

stasiun ke stasiun yang lain dengan sifat tidak boleh terhalang. Biasanya

digunakan untuk jarak yang tidak terlalu jauh (30 – 50 km) dan diperlukan

stasiun relay untuk memperkuat signal. Contoh : informasi melalui radio.

Satelit digunakan untuk transmisi data jarak jauh. Satelit akan menerima signal

yang dikirim dari stasiun microwave di bumi dan mengirimkannya kembali ke

stasiun bumi lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay di luar angkasa

yang dapat menjangkau 40% permukaan bumi. Untuk menjangkau seluruh

permukaan bumi diperlukan 3 satelit. Contoh : informasi melalui televisi.

Manfaat jaringan komputer yang memungkinkan beberapa komputer dapat

saling berhubungan antara lain :

Beberapa perusahaan, rumah, atau sekolah, biasanya mempunyai sumberdaya

komputer yang terbatas sehingga diperlukan penggunaan sumberdaya tersebut

secara bersama-sama. Dengan adanya jaringan komputer, pemakaian sumber

daya tersebut secara bersama-sama dapat diatur secara efisien. Contoh sumber

daya komputer antara lain : Printer, CDROM, Hardisk, dan lain-lain.

51

- Efisiensi waktu

- Reliabilitas tinggi

- Tidak tergantung pada satu jenis komputer

5. INTERNET

Dengan adanya jaringan komputer, data dapat diterima dan dikirim dengan

cepat tanpa harus meninggalkan tempat bekerja.

Melalui jaringan, keamanan file yang tersimpan lebih terjamin karena file dapat

disimpan ke beberapa komputer.

Dengan adanya jaringan komputer, segala merk komputer dan program

komputer yang berbeda tetap dapat dijalankan dan saling terhubung. Dengan

demikian, komputer yang ada dengan jenis dan progam yang berbeda tetap dapat

digunakan.

Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet

merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan sekumpulan

jaringan komputer menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia.

Internet adalah kumpulan jaringan komputer (global) dari berbagai macam jaringan

komputer termasuk komputer pribadi, yang dapat berkomunikasi satu sama lain.

Internet telah mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi

oleh perangkat digital non-komputer (telegram, telepon, fax) menjadi komunikasi

komputer yang global. Dengan internet, maka dimanapun kita berada dapat

berhubungan satu sama lainnya dengan perangkat komputer tanpa dibatasi lagi

oleh ruang dan waktu.

Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang menghubungkan

situs-situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya

informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Awalnya Internet lahir untuk suatu keperluan militer Amerika Serikat. Pada

awal tahun 1969 Avanced Research Project Agency (ARPA) dari Departemen

Pertahanan Amerika Serikat, membuat suatu eksperimen jaringan yang diberi

nama ARPAnet untuk mendukung keperluan penelitian (riset) kalangan militer.

Tetapi dalam perkembangan selanjutnya jaringan ini dipergunakan untuk

keperluan riset perguruan tinggi, yang dimulai dengan University of California,

Stanford Research Institute dan University of Utah.

Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi

remote access, email / messaging, maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet).

Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada.

Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip

seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis

teks.

Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai

dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss). Namun

demikian, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya

pada tahun 1992 dengan nama Viola. Tentu saja web browser yang pertama ini

masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat

ini.

Penggunaan internet secara komersial dimulai pada tahun 1994 dipelopori oleh

perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First

Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai

memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu,

masyarakat Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar

tahun 1994.

Sejarah Internet

52

6. AKSES KE INTERNET

Komputer

Modem

Media Koneksi

Tergabung dengan ISP

Software Internet

Web Brwoser

TCP/IP

WAP

GPRS

7. APLIKASI INTERNET

A. WWW(World Wide Web)

Untuk bisa saling berhubungan dan berkomunikasi menggunakan akses

internet, syarat-syarat yang perlu dipenuhi antara lain :

- , sebagai peralatan utama untuk akses internet.

- , sebagai peralatan penghubung ke jaringan telepon. Modem berfungsi

merubah sinyal digital dari PC menjadi sinyal analog.

- , umumnya berupa jaringan kabel telepon

- ( ), merupakan penyelenggara

jasa Internet (Telkomnet, Indosatnet, CBNnet, dll)

- , merupakan program yang diperlukan untuk akses internet

atau istilah umumnya yaitu . Contohnya : Internet Explorer,

Netscape, Opera, FireFox, Flock.

Untuk bisa saling berhubungan dan berkomunikasi, akses internet

membutuhkan sebuah Protokol Standar. Protokol standar akses internet

merupakan standar komunikasi pengiriman dan penerimaan yang telah disepakati

sebagai syarat untuk melakukan komunikasi melalui jaringan internet. Protokol

standar yang digunakan saat ini antara lain :

- (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)

TCP/IP digunakan pada komputer yang terhubung ke jaringan Internet melalui

kabel telepon. Pada awalnya, protokol ini mempunyai kecepatan

eiring perkembangan teknologi sekarang ini,

protokol ini mempunyai kecepatan hingga 3 mbps (contohnya : Telkom ).

- (Wireless Aplication Protocol)

WAP dikembangkan untuk aplikasi tanpa kabel (wireless) dengan memanfaatkan

telepon seluler (HP). WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar

9,6 kbps.

- (General Packet Radio Service)

GPRS dikembangkan untuk aplikasi tanpa kabel dan merupakan salah satu

standar komunikasi wireless. Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS

memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang mencapai lebih dari 115 kbps serta

adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan

multimedia.

Internet mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan dan

bukannya suatu aplikasi tertentu, oleh karena itu internet tidak mempunyai

manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan

beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Beberapa contoh aplikasi yang sering dimanfaatkan oleh pengguna internet

antara lain : WWW (World Wide Web), Search Engine, Electronic Mail, Attach File,

File Transfer Protocol (FTP), Chatting.

Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai 'web' saja adalah

merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga

banyak orang yang keliru mengidentikkan web dengan internet.

Secara teknis, web (atau biasa disebut situs) adalah sebuah sistem dimana

informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan

dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext.

Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML

(Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk

grafis, suara, dan objek multimedia lainnya.

Internet Service Provider

sekitar 128

kbps (kilobyte per second). S

Speedy

53

Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut

sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan

dalam webserver melalui protokol yang disebut (Hypertext Transfer

Protocol).

Beberapa perangkat lunak browser yang cukup populer dan digunakan secara

meluas, antara lain : Microsoft Internet Explorer, Netscape, dan Opera.

Microsoft Internet Explorer merupakan perangkat lunak browser bagian dari

Sistem Operasi Windows yang paling banyak digunakan oleh pengguna

internet, seperti tampak pada Gambar 53.

Gambar 53. Tampilan Program Internet Explorer

Fungsi beberapa ikon di Toolbar standar Internet Explorer antara lain :

Back kembali ke halaman sebelumnya

Forward menuju ke halaman berikutnya

Stop membatalkan browsing

Refresh mengulang browsing yang gagal dengan alamat yang sama

Home kembali ke tampilan pertama

Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link

(sambungan) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam webserver yang

sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web

berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan 'berkelana' dari satu

server ke server lain.

HTTP

Alamat WEB / Situs

Tool bar

Halaman WEB / Situs

54

Kegiatan ini biasa diistilahkan sebagai ,

ada juga yang menyebutnya sebagai (berselancar).

Beberapa kategori nama web / situs antara lain :

- .com : situs perusahaan komersial

- .edu : situs pendidikan

- .org : situs organisasi

- .go : situs pemerintahan

- .net : situs jaringan

Beberapa contoh Kode Negara pada nama web / situs antara lain :

- .id : Indonesia

Misalnya : www.ri.go.id (situs pemerintahan negara RI)

www.sctv.co.id (situs salah satu televisi swasta di Indonesia)

www.republika.co.id (situs salah satu media cetak di Indonesia)

- .jp : Jepang

- .uk : Inggris

- .us : Amerika

Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan

halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web

dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran

berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang

kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data)

miliknya.

Fasilitas Search Engine yang digunakan antara lain adalah Google

(www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com), Altavista (www.altavista.com),

dan lain-lain.

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para

pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di

internet.

E-mail merupakan fasilitas di internet untuk surat menyurat seperti layaknya

surat menyurat pada jasa Pos. Untuk dapat menggunakan fasilitas di e-mail,

terlebih dahulu harus memiliki account dengan cara mendaftar untuk

mendapatkan alamat e-mail di salah satu situs penyedia jasa e-mail.

Beberapa situs penyedia jasa e-mail antara lain : www.yahoo.com, plasa.com,

www.hotmail.com, dan lain-lain.

Bagi pengguna internet yang sudah mendaftarkan diri akan mendapatkan

yang terdiri dari disertai yang digunakan.

Contoh beberapa alamat e-mail misalnya : didiksulaksono@gmail.com,

hlasrin@yahoo.com, dsuryadi@plasa.com.

Para pengguna e-mail memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang

tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu mailbox memiliki sebuah alamat

sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam

bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan

ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat

mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, menyunting dan mengirimkan

pesan e-mail.

penelusuran halaman web browsing

surfing

B. Search Engine (Mesin Pencari)

C. Electronic Mail (e-mail)

alamat e-mail User ID nama situs

55

D. Attach File (Mengirimkan Data)

E. File Transfer Protocol (FTP)

F. Chatting

8. MANFAAT INTERNET

- Internet sebagai Sarana Informasi

- Internet sebagai Sarana Komunikasi

Attach File (artinya : menyertakan file) adalah fasilitas untuk mengirimkan data

atau dokumen (berupa file) melalui e-mail. Artinya, file-file data yang dibuat

menggunakan program aplikasi lain (misalnya : dokumen gambar, dokumen

Word, dokumen Excel, dll) juga dapat dikirim bersamaan dengan pengiriman email,

atau istilahnya melakukan attachment.

FTP adalah fasilitas Internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna

untuk mencari dan mengambil arsip file (download) di suatu server yang

terhubung ke Internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip

(file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang

membutuhkannya.

Di samping itu FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs

(homepage) sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.

Chatting merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih

melakukan komunikasi langsung melalui tulisan menggunakan program

aplikasi. Program yang banyak digunakan misalnya adalah MIRC dan Yahoo

Messenger. Melalui program 'chat', pengguna internet dapat berkomunikasi

secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja di

seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Dewasa ini, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek

kehidupan, baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan.

Internet memberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat

bagi umat manusia, tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan dan

kemaksiatan (baca : pornografi), semua tergantung dari pengguna internet dalam

memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Beberapa manfaat positif adanya internet antara lain :

Internet dapat menjelajahi dunia dgn tanpa batas. Informasi dari berbagai

bidang dengan cepat dapat dicari maupun dikirimkan dalam hitungan detik.

Saat ini, semua bidang sudah memanfaatkan akses internet untuk keperluan

bidangnya masing-masing.

Misalnya : untuk memasarkan produk ke seluruh dunia, melakukan riset

dengan mengakses informasi ke berbagai kota bahkan dunia, mencari kerja

bahkan mencari tenaga kerja yang terampil, mencari daftar nama dan harga

barang yang dibutuhkan, media berdakwah di bidang keagamaan, dan lain

sebagainya.

Melalui jasa layanan internet, komunikasi dapat dengan cepat dilakukan. Baik

melalui email maupun chatroom, para pengguna internet dapat menjalin

komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu

singkat dan biaya yang relatif murah. Apabila dalam surat menyurat

konvensional yang menggunakan jasa pos, sebuah surat bisa menghabiskan

waktu berminggu-minggu dalam perjalanan lintas benua, maka sebuah email

hanya membutuhkan hitungan detik untuk dapat menjangkau segala sudut

dunia.

56

- Internet sebagai Sarana Hiburan

9. CYBERCRIME

- Hacking

- Cracking

- Cyber Sabotage

- Carding

- Pornografi

- Perjudian

- Penipuan

Internet menawarkan pilihan hiburan yang berlimpah, dari game, lagu,

horoscope, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan game server, seseorang dapat

bermain game bersama lawan dari negara lain melalui jaringan internet. Pecinta

musik juga semakin dimanja dengan hadirnya klip-klip MP3 dari lagu-lagu

favorit. Bagi yang haus akan informasi dari dunia entertainment, internet adalah

surga dengan berlimpahnya situs-situs web para artis, baik nasional maupun

internasional.

Di samping manfaat positif dengan adanya internet, terdapat pula sisi negatifnya,

antara lain : masih banyaknya situs-situs dgn tujuan provokasi, Situ Porno baik

lokal maupun internasional, adanya informasi-informasi yang menyesatkan,

adanya situs kekerasan, kekejaman dan bahasa kotor, adanya perjudian, dan lain

sebagainya.

Cybercrime adalah bentuk kejahatan yang dilakukan seseorang melalui sarana

internet di dunia maya. Cybercrime merupakan perbuatan ilegal menggunakan

peralatan komputer dan internet yang meghasilkan dampak kerugian sangat besar

namun sulit dibuktikan secara hukum, sehingga mencari orang yang melakukan

cybercrime tidaklah mudah.

Beberapa bentuk Cybercrime antara lain :

Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekplorasi ataupun

mencari kelemahan sistem jaringan. Orang yang melakukan hacking biasa

disebut Hacker.

Usaha memasuki secara ilegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri,

mengubah, atau menghancurkan file yang disimpan pada jaringan tersebut.

Orang yang melakukannya disebut Cracker.

Metoda Cracker menyusup ke sebuah jaringan :

~ Spoofing : penyusupan dengan cara memalsukan identitas pemakai atau user

~ Scanner : menggunakan program yang dapat mendeteksi kelemahan jaringan

~ Sniffer : alat yang berfungsi sebagai penganalisis jaringan

~ Password Cracker : program untuk membuka password

~ Destructive Device : program berupa virus penghancur data

Bentuk kejahatan yang dilakukan untuk menimbulkan gangguan atau

perusakan data dan program suatu jaringan

Kejahatan dengan penipuan kartu kredit yang berupa pemalsuan kartu kredit

atas nama orang lain

Selain kejahatan diatas internet juga mempunyai dampak kejahatan yang

dapat merusak mental seseorang atau merusak pribadi. Kejahatan tersebut

bentuknya menyebarkan informasi-informasi yang tidak layak untuk

dipublikasikan antara lain :

Situs ini banyak merusak mental anak-anak bahkan sampai dengan orang tua.

Situs ini merupakan perjudian terselubung yang tidak pantas untuk

dipublikasikan.

Bentuk penipuan ini dengan memberikan jebakan-jebakan kepada pengguna

internet untuk memberikan rahasia mengenai data pribadinya.


Share this post :

Login Guru

Silahkan Pilih Kelas :

Pengunjung

 
Support : Operator MA Darut Taqwa | Sumberjaya | Sumber Marga Telang 30765
Copyright © 2015. MA DARUT TAQWA - All Rights Reserved
Website by MA DARUT TAQWA Modified by Admin
Dibuat Oleh : Ahmad Jaenuri. S.Kom